Ancaman Baru bagi Kemanan Komputer

Kebanyakan dari kita hanya mengenal virus, trojan, worm sebagai gangguan keamanan pada sistem komputer atau sistem informasi. Namun, akhir-akhir ini juga ditemukan gangguan jenis baru yang bersifat menakut-nakuti, yakni scareware. Scareware adalah software atau kode program yang dirancang khusus untuk menakut-nakuti pengguna sistem.

Biasanya scareware menyamar sebagai aplikasi keamanan, seperti antivirus, antitrojan dan lainnya. Cara kerja scareware sendiri hampir sama seperti virus dan worm, karena sifatnya yang menggandakan diri dan dapat menginfeksi komputer atau sistem. Selain itu scareware juga mempunyai sifat seperti adware karena menampilkan iklan-iklan yang tidak berguna. Misal, komputer kita mengaku terlah terkena virus, lalu kita diminta melakukan pembersihan. Setelah dilakukan pembersihan ternyata gagal dan software pembersih gadungan tersebut meminta kita untuk membayar ongkos dalam jumlah tertentu. Itulah yang dilakukan scareware. Menakut-nakuti !!. Ciri-ciri komputer yang terkena scareware adalah :

1. Komputer bertingkah aneh dengan mengeluarkan pesan-pesan antivirus alert yang berisikan bahwa komputer telah terinfeksi virus, padahal anda tidak pernah menginstall antivirus tersebut.
2. Nama-nama merek software keamanan tersebut jarang anda dengar, atau tidak sama sekali. Seperti antivirus 2009, Antitrojan2009.
3. Meminta pengguna untuk membayar sejumlah uang agar virus tersebut hilang dari komputer.
4. Sering mengarahkan web browser ke situs-situs yang tidak kita inginkan.

Cara penyebaran scareware juga sangat mirip virus. Bisa melalui flashdisk, jaringan, aplikasi maupun internet. cara menghindari scareware :

1. Hati-hati ketika berbagi pakai dalam media penyimpanan.
2. Gunakan aantivirus, antitrojan atau produk keamanan lainnya yang sudah terpercaya.
3. Hiraukan setiap email yang mengatakan bahwa komputer kita terkena virus dan memrintahkan anda untuk segera mendownload antivirus dari link pengirim email.
4. Lakukan update secara rutin.

Alangkah baiknya kita melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.



Sumber : Majalah Info Komputer

Liburan di Yogyakarta...

Yogyakarta (selanjutnya aku sebut Yogya). Siapa yang tidak tahu salah satu Daerah Istimewa ini ?. Kota pariwisata yang terkenal karena kekayaan budayanya ini merupakan salah satu tujuan wisata para turis. Baik lokal maupun asing.

Kebetulan kemarin kita (Aku, Mbah Darmo, Tikno dan Wewe) baru saja ngerefresh pikiran(baca : liburan) kita disana. Walaupun hanya beberapa tempat yang dikunjungi karena keterbatasan waktu, tapi seru juga kok. Malam sebelum pergi aku coba cari hal-hal atau losmen yang menarik bagi pelancong. Akhirnya nemu juga beberapa yang menarik. Bagi yang berminat mencari informasi tentang yogya dapat dilihat disini.

Kita berangkat dari semarang hari kamis selepas shalat Dzuhur. Masuk jogya sekitar pukul 5. Lalu setelah sempat berputar-putar mencari losmen, akhirnya kita menemukan losmen yang murah meriah. Hotel Kartika. Aku liat namanya di tembok. Hotel, atau lebih tepatnya losmen ini hanya bertarif 50.000 per hari. Dengan maksimal per kamar berisi 2 orang. Tanpa kamar mandi dalam tentunya. Akhirnya kita memutuskan untuk mengambil 2 kamar. Aku dengan Mbah Darmo dan Wewe dengan Tikno.

Setelah cukup beristirahat, selepas maghrib kita pergi jalan-jalan ke Malioboro. Malioboro adalah jalan yang terletak di pusat kota Yogya yang membentang antara Keraton Yogyakarta hingga Tugu Jogya. Ditinjau dari sejarahnya, Malioboro merupakan poros imajiner antara Keraton Yogyakarta dengan Gunung Merapi. Sejak masa Sultan HB I, Malioboro telah difungsikan sebagai pusat perdagangan hingga saat ini. Untuk pertama kalinya aku jatuh cinta dengan Malioboro. Yang paling aku suka di sini adalah suasananya yang benar-benar hidup. Penjual kaos, pernak-pernik, makanan, atau pengamen jalanan yang menurut aku lebih pantas disebut seniman jalanan, atau tukang becak dan tukang dokar yang sibuk membawa penumpangnya, atau para seniman jalanan yang menawarkan untuk melukis muka anda atau lainnya. Benar-benar suasana yang mengasyikan.

Sambil jalan-jalan, iseng-iseng kita menawar-nawar barang. Beli atau nggak urusan nanti. Hehehe..Salah satu adegan menawar barang : (Translate ke Indonesia langsung :p)

Aku : Mang, ini gelang berapa harga??

Si Mamang : Yang itu 25 ribu mas ganteng. (okeh, kata-kata yang terakhir ini boongan)

Aku : Jiah, 5 rb mang!!

Si Mamang : (ngomong keras sambil nunjuk kedepan) DISANA TUH YANG LIMA RIBU!!!DISINI GAK ADA YANG LIMA RIBU!!

Aku :......

Tawar-menawarpun terhenti. Hehehehe. Jalan-jalan dilanjutkan ke arah Benteng Vredeburg. Tapi kita memutuskan dulu makan di nasi goreng beringharjo yang katanya terkenal itu. Aku liat dulu di panduan wisata yang semalam aku catet di hpku. Letak nasi goreng beringharjo di daerah Taman Pintar. Okeh, kita langsung menuju TKP. Sampai di Taman Pintar, kita celingak-celinguk mencari nasi goreng itu. Dimana sich ?. Coba aku cek lagi di panduan. Ternyata nasi goreng beringharjo disitu cuman ada di sebelum 2004. Setelah 2004 nasi goreng beringharjo pindah di jalan Mataram. Terlanjur jauh, kita terpaksa teruskan kearah Mataram. Karena keburu laper, akhirnya kita memutuskan makan nasi goreng “yang gak tau namanya apa sich” di pinggir jalan “yang namanya juga gak tau sich”. Pesan-pesan, makan-makan. Setelah bayar, temenku wewe liat spanduk yang dipasang di dalam tenda. Nasi Goreng “aku lupa namanya apa”, dibawahnya ada tulisan Ayam, Babi. Hahahaha...temenku langsung khawatir, soalnya siapa tau dagingnya dicampur. Kata aku, “pantesan enak”. Hehehe...

Setelah perut terisi, kita pergi ke Benteng Vredenburg. Sejarah benteng ini sendiri sangat panjang. Liat sejarah Benteng Vredenburg disini. Di Benteng Vredenburg sendiri saat ini sedang diadakan Festival Seni. Dan sayang sekali yang sedang di tampilkan adalah Wayang, padahal aku pribadi mengharapkan yang ditampilkan adalah seni musik. Sebenarnya ada banyak penampil yang menampilkan wayang, seperti wayang jepang, wayang fable dan lain-lainnya. Saat itu sedang ditampilkan wayang fable dari yogya. Kebetulan wayang bukanlah termasuk kesenian favorit aku, kecuali wayang Ki Entus. Jadi kita lanjutkan jalan-jalan kita melihat stand-stand karya seni di Benteng Vredenburg.Terus terang aku kagum sekali dengan karya-karya mereka. Unik-unik dan cantik. Yang paling menarik perhatianku adalah bekas wadah pasta gigi yang dijahitkan resleting sehingga kemudian bisa dijadikan dompet. Dan juga karya seni, buah catur yang dibuat seperti manusia. Setelah puas di Benteng Vredenburg, kita pergi ke pasar malam barang bekas. Yah, segala jenis barang bekas dijual disini. Ada mainan, handphone, radio, walkman dan lain-lain. Karena lelah, kita akhirnya memutuskan pulang ke losmen.

Setelah beristirahat sejenak, akhirnya kita pergi ke Alun-alun Kidul (Selatan) untuk mencoba Masangin. Sekedar info, Yogya karta mempunyai 2 alun-alun besar yaitu alun-alun utara dan alun-alun selatan. Alun-alun utara merupakan halaman depan Keraton, sedangkan alun-alun belakang merupakan halaman belakang Keraton. Alun-alun ini dikelilingi semacam pagar. Pohon-pohon besar juga banyak ditanam disini. Masing-masing alun-alun mempunyai dua pohon beringin besar yang di kurung oleh pagar ditengah-tengahnya. Salah satu yang paling populer tentu adalah melakukan masangin. Masangin adalah masuk diantara dua beringin dengan mata tertutup kemudian berjalan ke arah antara dua beringin tersebut. Menutrut mitos yang aku tahu dari bapak si empunya losmen, siapa yang bisa melewati celah diantara keduanya, dipercaya permohonannya akan terkabul. Dan percaya dech, ternyata itu gak gampang !!. Pertama mencoba, mataku aku tutup pake tudung jaketku. Perasaan gampang banget, tinggal lurus aja. Setelah aku buka mata, ternyata aku berbelok jauh dari tujuan. Mbah Darmo juga nyobain. Ternyata gagal juga. Kita tertawa bareng. Soalnya emang konyol juga, ngeliat kita jalan melenceng jauh dari tujuan. Hahahaha.Masih penasaran aku coba terus. Satu dua kali masih gagal. Kita semua nyobain dah gagal semua. Setelah dicoba buat ngosongin pikiran ternyata bisa masuk juga. Seneng juga rasanya. Hehehe.

Tips : Kebanyakan kita gagal karena takut akan tertabrak orang lain atau pembatas pagar. Coba kita kosongin pikiran kita
Setelah puas bermain masangin kita kembali ke Malioboro nyari makanan. Sekitar pukul setengah satu, pelataran toko-toko yang tadinya adalah tempat para penjual baju, pernak-pernik dan lainnya berubah wajah menjadi tempat lesehan makanan. Berjejer para penjual makanan merapikan meja-meja kecil dan tikar. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Suasana hidup seperti inilah yang menjadi kekaguman saya terhadap Malioboro. Kita lalu mampir di salah satu tempat lesehan setelah gagal menemukan angkringan Lik Man yang legendaries itu T_T.
Tips : Jangan makan di area Malioboro kalo duit pas-pasan !. Jangan makan di tempat makan yang sepi pengunjung !.
Pertama kita lihat menunya. Kaget banget waktu lihat harganya yang amit-amit mahalnya. Terpaksa aku cuma pesan sekoteng yang rasanya pun kurang enak. Soalnya cuma 2.500 perak sich. Hehe.. Mbah Darmo pesen Nasi telur, Tikno pesen roti bakar kornet, arda pesen aku lupa euy. Roti bakarnya parah banget!!Dengan harga 6.000 perak hanya mendapat 2 lembar roti tawar dibakar dengan isi kornet yang cuman secuil. Gila !!Aku hanya bisa ketawa. Oh ya, yang menarik, disamping lesehan ini ada seorang tua yang menjual jasa meramal nasib dan yang paling unik. MENERIMA CURHATAN !!. Hahaha...baru kali ini lihat yang kek gitu. Sehabis makan kita langsung ke losmen. Dan tidur. Siapin tenaga buat besok. See ya...




Cara Berfikir Orang Kaya

Kemaren baru selesai baca buku tentang Laksmi Mittal. Siapa sich Laksmi Mittal ??. Laksmi Mittal adalah salah satu orang terkaya di dunia. Nomor 3 terkaya kalo gak salah. Biasa di juluki "Man of Steel" karena bisnis besi bajanya yang sangat menguasai dunia. Perusahaannya "Archelor Mittal" adalah perusahaan besi baja penghasil baja terbesar di dunia.

Tapi bukan Laksmi Mittal yang ingin aku paparkan disini. Setelah selesai baca, dapat di ambil kesimpulan tentang bagaimana sich cara berfikir orang kaya itu ?

Ada beberapa cara pandang atau berfikir orang kaya yang menurut saya adalah kunci sukses mereka :
1. Mereka memiliki tekad untuk menjadi orang kaya
Kaya adalah prioritas bagi mereka. Dan mereka tidak terima mereka tidak kaya.
2. Mereka menunda berfoya-foya atau bersenang-senang
Mereka lebih sering membelanjakan uangnya untuk berinventasi.
3. Mereka menentukan nasibnya sendiri
Mereka tak pernah menyalahkan, mengkritik orang lain.
4. Respek kepada orang
Mereka mempunyai rasa hormat yang tinggi kepada orang atau pegawainya.
5. Berbuat lebih dari yang diminta atau diharapkan
Jika mereka diminta melakukan 2 pekerjaan. Maka mereka akan melakukan 4 atau lebih pekerjaan.
6. Mereka mengelola uang mereka secara baik
Selalu menghitung resiko sebelum mengeluarkan uang atau berinventasi
7. Berfikir besar
Selalu melakukan tindakan-tindakan yang besar dalam hidup mereka.
8. Fokus pada peluang
Walaupun peluang itu mempunyai hambatan, namun mereka lebih fokus kepada peluangnya.
9. Mereka dibayar berdasarkan hasil
Mereka tahu bahwa, cara terburuk menjadi orang kaya adalah dengan menjual waktu.
10. Membuat uang bekerja untuk mereka
Mereka tidak rela bila mereka yang bekerja untuk uang.
11. Belajar terus
Mereka selalu belajar terhadap berbagai hal. Tidak hanya kepada orang yang berpendidikan tinggi.
12. Tidak berhenti walaupun cemas, takut maupun ragu
Mereka berani bertindak walaupun mereka merasa cemas, takut dan ragu.

Seperti itulah kira-kira cara berfikir orang kaya yang dapat saya pahami. Semoga berguna bagi kita semua...

Mencari Serial Number di Google

Bingung nyari serial number software kamu ? :)

Gampang banget !! Cari aja di Google. Keywordnya :

"nama software"94fbr

contohnya : "tune up utilites 2009"94fbr.

Sebenarnya apa sich 94fbr itu ??

94fbr sebenarnya adalah bagian dari product key Microsoft Office 2000 yang dirilis di internet untuk mem-bypass Microsoft Office 2000 tersebut.

Semoga bermanfaat....

Mengubah Windows XP Bajakan Menjadi Asli

Siapa yang pake Windows bajakan ??!!
Yuppzz...mumpung aku lagi berbaik hati, aku sebarin aja nich serial number Windows asli.

SN 1 : H689T-BFM2F-R6GF8-9WPYM-B6378

SN 2 :WCBG6-48773-B4BYX-73KJP-KM3K3

Sebenarnya yang membedakan antara Windows asli dengan bajakan adalah serial number tersebut. Jadi, installer Windows sebenarnya bukan palsu atau bajakan. Melainkan hanya serial numbernya saja yang tidak genuine.

Gimana cara masukin serial number di atas ?

Bisa dengan cara mengintegrasikan ke installer Windows yang anda miliki dengan menggunakan software nLite.

Kalo sudah terlajur diinstall ke PC ?

Gampang saja... Pake aja software keyfinder. Download disini.

Kalo anda ingin memastikan apakah serial number sudah berganti dan Windows anda sudah genuine, bisa dengan menggunakan Windows Genuine Tool. Download disini.
Silakan mencoba..Ciao..

Trik Mencari di Google 2

Selain trik yang kemarin, sebenarnya masih banyak lagi trik untuk mencari file di Google. Saya

coba beberkan satu lagi trik di Google. Ketika ingin mencari file, coba masukan keyword :

?intitle:"index.of"?"nama file"

contohnya :

?intitle:"index.of"?"joomla tutorial"

Berkat trik ini juga akhirnya aku dapet e-book Deception Point-nya Dan Brown... :)

Silakan mencoba....Ciao

Trik Mencari di Google

Dalam google ada istilah yang disebut google hacking atau google dorks. Adalah sintaks khusus yang digunakan untuk memperketat hasil pencarian atau mempersempitnya. Sintaks-sintaksnya antara lain intitle:, filetype:, dan banyak lagi.

Buat yang kesusahan cari file yang diinginkan ada beberapa trik yang dapat dipakai. Semisal kita ingin mencari file mp3, maka ketik saja keyword :

-inurl:htm -inurl:html intitle:"index of" tipe file "nama band judul lagu"
.

Contohnya, -inurl:htm -inurl:html intitle:"index of" mp3 "mr.big to be with you"
Trik ini juga bisa dipakai untuk mencari file yang bertipe lainnya, seperti pdf, ppt, ato doc.
Sedikit tips ini semoga bisa membantu..Ciao...

Facebook oh Facebook....

Gila..bener-bener gila nich pengaruh facebook...

Contohnya aku, bangun tidur...dan yang pertama aku lakuin adalah ngerubah status facebookku. :p
Waktu belajar...Tiap beberapa menit sekali cek facebookku. Siapa tau ada notifikasi baru. Bener-bener berasa mencuri separuh hidupku dech. Waktu online di warnet...pertama buka adalah facebook.com.
Kemaren baru nonton pameran komputer di Java Mall. Banyak banget yang jual modem-modem gsm or 3.5 G. Kata-kata iklannya : bisa setiap hari facebookan !!. Hahahahah...Iklan-iklan di tivi juga gak kalah. serupa lah dengan itu. Hmm...what do you think ??

About Me

Foto saya
Mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang punya hobi membaca, maen game, ngutak-ngatik komputer, dengerin musik, nonton film, berselancar di dunia maya, blogwalking, dan bercita-cita menjadi seorang backpacker

Browse My Website in 35 Languages