Ancaman Baru bagi Kemanan Komputer

Kebanyakan dari kita hanya mengenal virus, trojan, worm sebagai gangguan keamanan pada sistem komputer atau sistem informasi. Namun, akhir-akhir ini juga ditemukan gangguan jenis baru yang bersifat menakut-nakuti, yakni scareware. Scareware adalah software atau kode program yang dirancang khusus untuk menakut-nakuti pengguna sistem.

Biasanya scareware menyamar sebagai aplikasi keamanan, seperti antivirus, antitrojan dan lainnya. Cara kerja scareware sendiri hampir sama seperti virus dan worm, karena sifatnya yang menggandakan diri dan dapat menginfeksi komputer atau sistem. Selain itu scareware juga mempunyai sifat seperti adware karena menampilkan iklan-iklan yang tidak berguna. Misal, komputer kita mengaku terlah terkena virus, lalu kita diminta melakukan pembersihan. Setelah dilakukan pembersihan ternyata gagal dan software pembersih gadungan tersebut meminta kita untuk membayar ongkos dalam jumlah tertentu. Itulah yang dilakukan scareware. Menakut-nakuti !!. Ciri-ciri komputer yang terkena scareware adalah :

1. Komputer bertingkah aneh dengan mengeluarkan pesan-pesan antivirus alert yang berisikan bahwa komputer telah terinfeksi virus, padahal anda tidak pernah menginstall antivirus tersebut.
2. Nama-nama merek software keamanan tersebut jarang anda dengar, atau tidak sama sekali. Seperti antivirus 2009, Antitrojan2009.
3. Meminta pengguna untuk membayar sejumlah uang agar virus tersebut hilang dari komputer.
4. Sering mengarahkan web browser ke situs-situs yang tidak kita inginkan.

Cara penyebaran scareware juga sangat mirip virus. Bisa melalui flashdisk, jaringan, aplikasi maupun internet. cara menghindari scareware :

1. Hati-hati ketika berbagi pakai dalam media penyimpanan.
2. Gunakan aantivirus, antitrojan atau produk keamanan lainnya yang sudah terpercaya.
3. Hiraukan setiap email yang mengatakan bahwa komputer kita terkena virus dan memrintahkan anda untuk segera mendownload antivirus dari link pengirim email.
4. Lakukan update secara rutin.

Alangkah baiknya kita melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.



Sumber : Majalah Info Komputer

2 comments:

Wir-elek 6 Juli 2009 pukul 23.46  

Ada satu lali, namanya Rapid Antivirus...
dia bikin seloah -olah komputer kita jadi restart terus, dan minta download full version anti virus tntusaja dengan beli softwarenya...gitu deh akhirnya bisa dihajar pake antivirus konvensional yang sudah trusted.....sekalian blogwalking kawan..sukses selalu

dika 7 Juli 2009 pukul 02.34  

Makasih atas tambahannya..dan atas kunjungannya...sukses selalu juga buat anda :)

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang punya hobi membaca, maen game, ngutak-ngatik komputer, dengerin musik, nonton film, berselancar di dunia maya, blogwalking, dan bercita-cita menjadi seorang backpacker

Browse My Website in 35 Languages